ROCKET INFO


Beberapa Langkah Dalam Membuat Bisnis Plan Ala Rocket Chicken

10 Sep 2019
...

Bisnis yang sukses berawal dari satu hal, yaitu perencanaan yang matang. Itulah kenapa sangat penting bagi Anda untuk menyusun bisnis plan atau rencana bisnis yang detail. Bisnis plan akan membantu Anda menentukan tujuan atau target bisnis dan menemukan cara untuk mencapainya. Karena didalam perencanaan bisnis, tidak hanya dibahas tentang strategi bisnis yang akan dilakukan, tetapi juga seluruh aspek yang berhubungan dengan bisnis kuliner milik Anda. 

Bisnis plan atau rencana bisnis adalah pernyataan tertulis dan resmi dari seorang pelaku bisnis tentang tujuan usahanya dan cara untuk mencapainya. Sifatnya tidak wajib, tetapi jika Anda ingin menjalankan bisnis terutama bisnis kuliner, sebaiknya awali keseluruhan detail usaha dengan rencana. Maka dengan begitu, Anda akan mudah mengevaluasi perkembangan usaha secara berkala. 

Berikut beberapa langkah dalam membuat Bisnis Plan yang bisa Anda terapkan:

1. Melakukan Penelitian

Penelitian yang dimaksud disini yaitu meliputi identifikasi kebutuhan pasar dan menyempitkan tujuan bisnis Anda. Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, sesuaikan kebutuhan tersebut dengan aspek-aspek yang signifikan. Seperti daya beli masyarakat dan budaya lokal. Hal ini menjadi usaha Anda sebagai solusi di tengah permasalahan yang ada. 

2. Menentukan Tujuan

Keberhasilan suatau usaha dinilai dari tercapai atau tidaknya tujuan bisnis tersebut. Maka target harus ditentukan dengan jelas sejak awal agar Anda termotivasi dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis kuliner milik Anda.

3. Buat Profil Perusahaan

Dengan membuat profil perusahaan, maka Anda akan selangkah lebih maju dalam mengenalkan produk bisnis kuliner yang Anda jual di pasar. Selain itu, profil perusahaan juga diperlukan untuk menarik minat pengunjung dan investor.

4. Analisis Keuangan

Pada bagian ini Anda meramalkan arus keuangan yang mungkin akan dialami. Termasuk didalamnya adalah penghasilan dan pengeluaran, pengembalian modal serta pengembalian investasi. Tuliskan juga perhitungan untuk perencanaan dana keuangan dalam bisnis kuliner milik Anda untuk perbulan hingga untuk periode selama satu tahun ke depan.

5. Kebutuhan Sumber Daya Manusia Dalam Sebuah Bisnis

Berisi tentang tenaga atau pekerja sesuai dengan kompetensinya. Tulis juga jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan serta rencana pengembangan sumber daya manusia.

6. Rencana Pengembangan Usaha

Jika Anda membuat bisnis plan dengan tujuan menarik minat investor. Dalam bagian ini tuliskan seberapa besar upaya yang akan dilakukan untuk membangun usaha Anda. Untuk bisnis kuliner Anda, rencana pengembangan usaha meliputi: penambahan jumlah gerai atau cabang, kemungkinan waralaba serta inovasi menu.

7. Resiko Usaha

Setelah menyusun dan menuliskan semua rencana bisnis atau bisnis plan milik Anda, saatnya untuk memperkirakan resiko-resiko yang akan datang dalam bisnis kuliner Anda. Resiko usaha ditulis dengan lengkap, mulai dari mengenai bentuknya, strategi menghadapinya, hingga cara mengurangi dampaknya.

Demikian dalam mengenai langkah dalam membuat bisnis plan yang dapat Anda terapkan dalam mengelola outlet Rocket Chicken milik Anda. Semoga bermanfaat!

 

Informasi lebih lanjut, hubungi:  

www.rocketchicken.co.id  

Apps Android/iOS: Rocket Chicken

 

Rocket Chicken  Sidomoyo, Godean, Sleman Yogyakarta  

Email: rocketchicken.indonesia@rocketmail.com

nurulquick@yahoo.co.id

info@rocketchicken.co.id

 


TOP