ROCKET INFO


Beberapa Langkah Dalam Menghadapi Keluhan Dan Kritik Dari Pelanggan

09 Dec 2019
...

Mempunyai usaha di bidang kuliner memang penuh tantangan. Disamping sajian yang enak dan lezat, kepuasan pelanggan juga menjadi faktor penting. Karenanya pelaku usaha kuliner harus tahu bagaimana memperlakukan konsumen dengan baik, termasuk saat menghadapi keluhan yang diutarakan oleh pelanggan tersebut. Usaha restoran atau warung makan yang sederhana sekalipun membutuhkan pengelolaan yang baik dengan mengutamakan keramahan dan mutu sajian produk kuliner yang ditawarkan.

Ketika seorang pelanggan melayangkan komplain atau keluhan, hal itu menandakan jika mereka peduli terhadap bisnis kuliner milik Anda. Terlepas dari bagaimana cara penyampaiannya, keluhan dari pelanggan sebetulnya dapat menjadi peluang bagi Anda untuk dapat meningkatkan kualitas bisnis, terutama layanan dan rasa berbagai menu kuliner yang disajikan kepada pelanggan.

Klinik dari konsumen tidak dapat Anda hindari, dan untuk menghadapinya. Perhatikan beberapa langkah yang baik dalam menghadapi keluhan dan kritik yang dapat Anda terapkan pada bisnis outlet Rocket Chicken yang Anda kelola berikut ini:

1. Mendengarkan Keluhan Dan Mengakui Kesalahan

Pada saat menyampaikan keluhan, konsumen cenderung ingin didengarkan dengan baik. Jangan menyanggah ataupun berkelit terhadap apa yang disampaikan oleh konsumen restoran Anda tersebut, apalagi jika langsung ditanggapi dengan negatif. Akui jika pihak Anda telah melakukan kesalahan. Sebisa mungkin latih pelayan atau orang yang berada di garis depan bisnis kuliner Rocket Chicken milik Anda untuk menanggapi keluhan konsumen dengan baik dan santun.

2. Meminta Maaf

Usaha bisnis kuliner yang Anda geluti tidak terlepas dari kesalahan dan ada saja celah yang membuat konsumen merasa tidak puas. Beberapa diantaranya adalah pelayanan yang lama, makanan yang kurang enak di lidah, terlalu pedas, pesanan yang tidak sesuai, ataupun kotoran yang terdapat pada makanan. Untuk itu, segeralah meminta maaf pada konsumen Anda.

3. Beri Pengganti Makanan/Menu Yang Telah Dipesan Dengan Yang Baru

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengganti makanan tersebut dengan yang baru atau tawari dengan jenis menu lainnya. Sebagai permintaan maaf, berikan juga dessert atau makanan lain secara cuma-cuma. Hal ini bisa mengembalikan mood konsumen sekaligus menjaga nama baik outlet Rocket Chicken yang Anda kelola. Pasalnya keluhan pelanggan bisa dengan mudah disebarkan melalui sosial media.

4. Memberikan Ucapan Terima Kasih

Meskipun banyak keluhan dan kritik yang disampaikan oleh konsumen, pihak restoran tetap harus memberikan pelayanan dan senyuman terbaik pada konsumen. Ketika konsumen meninggalkan restoran, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke outlet Rocket Chicken

Tentu Anda tidak ingin kejadian tersebut kembali menimpa outlet Rocket Chicken milik Anda di lain waktu. Karenanya, jadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga. Tingkatkan pelayanan dan kualitas makanan yang Anda sajikan. Sebaliknya jangan berkecil hati, karena keluhan dan kritikan bisa dimaknai positif untuk menjadi lebih baik lagi. 

 

Informasi lebih lanjut, hubungi: 

www.rocketchicken.co.id  

Apps Android/iOS: Rocket Chicken

Rocket Chicken  Sidomoyo, Godean, Sleman Yogyakarta  

Email: [email protected]

[email protected]

[email protected]

Telp: 0818 277 981 (kemitraan)


TOP