Setiap orang butuh makan, fakta tersebut membuat bisnis kuliner menjadi bisnis yang abadi atau evergreen. Bisnis kuliner menjadi bisnis yang sangat digemari, terutama di Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar dan penghasilan yang dapat dihasilkan, membuat semua pengusaha tertarik untuk menjalankan usaha kuliner. Namun kenyataannya untuk menjadikan restoran atau rumah makan menjadi ramai bukanlah hal yang mudah.
Pemilik usaha rumah makan atau restoran harus fokus mengelola usaha restoran agar tidak hanya menyajikan kuliner yang enak untuk dimakan. Namun juga pelanggan berdatangan untuk menikmati berbagai sajian kuliner yang Anda tawarkan. Oleh karena itu perlu dilakukan promosi penjualan untuk promosi usaha makanan yang dimiliki.
Promosi untuk bisnis restoran dapat dilakukan dengan berbagai macam hal. Ada yang melakukannya dengan melalui produk makanan itu sendiri. Makanan yang disajikan oleh restoran tersebut diolah sedemikian rupa dan memiliki rasa yang unik. Secara tidak langsung makanan yang diolah tersebut akan meresap ke otak pelanggan dan akhirnya akan datang kembali ke restoran tersebut.
Lalu bagaimana cara efektif promosi untuk bisnis restoran? Berikut adalah lima tips dalam melakukan promosi bisnis restoran yang dapat Anda lakukan:
1. Manfaatkan Sosial Media
Anda pasti sudah menyadari jika sosial media seperti fanpage facebook, twitter, blog, youtube, hingga instagram sangat berpengaruh untuk digunakan sebagai media promosi. Untuk itu rajin-rajinlah mengunggah gambar-gambar makanan disana dan berikan kesan di setiap gambar tersebut. Ambil foto semenarik mungkin atau bayar seorang fotografer yang dapat membantu Anda.
2. Jangan Ragu Mengandalkan Endorsement
Beberapa tahun belakangan ini endorsement di Instagram sangat efektif untuk meningkatkan omset bisnis. Jika Anda mempunyai budget besar untuk promosi, Anda bisa mengajukan kerja sama dengan selebriti atau selebgram. Jika budget yang Anda miliki terbatas, Anda bisa mengandalkan teman-teman yang aktif menggunakan sosial media seperti instagram untuk mempromosikan bisnis restoran Anda. Teman yang memiliki ribuan follower dapat diandalkan untuk mempromosikan produk kuliner Anda kepada para pengguna sosial media lainnya.
3. Memberikan Program Menarik Untuk Pelanggan Setia
Hal ini sering disebut dengan loyalty program, misalnya dengan memberikan hadiah atau diskon khusus pada pembelian dengan nominal tertentu, atau berikan diskon pada saat hari ulang tahun pelanggan.
4. Mengadakan Giveaway
Siapa sih yang tidak tertarik dengan giveaway yang hadiahnya istimewa, kegemaran pengguna media sosial mengikuti giveaway bisa dimanfaatkan sebagai upaya promosi. Anda bisa menyiapkan giveaway berupa produk kuliner ataupun voucher makan di restoran milik Anda. Cara sederhana ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness di media sosial. Karena secara tidak langsung Anda sudah mengajak pengguna media sosial untuk memperkenalkan bisnis restoran milik Anda.
5. Membuat Kemasan Yang Menarik
Kemasan yang menarik juga bisa menjadi sarana promosi bisnis. Anda harus menyiapkan kemasan dengan bentuk unik dan karakteristik produk kuliner Anda. Gunakan bahan kemasan yang kuat dengan perpaduan warna-warni yang menarik. Jangan lupa juga untuk mencantumkan kontak dan akun sosial media bisnis restoran milik Anda pada kemasan tersebut. Sehingga pelanggan Anda tidak kesulitan dalam menghubungi atau memperkenalkan produk kuliner Anda pada orang lain.
Jika Anda mempunyai outlet Rocket Chicken atau berencana untuk membuka outlet Rocket Chicken dalam waktu dekat, Anda bisa lakukan lima tips promosi bisnis restoran di atas agar bisnis restoran Anda semakin dikenal oleh masyarakat luas.
Informasi lebih lanjut, hubungi:
www.rocketchicken.co.id
Apps Android/iOS: Rocket Chicken
Rocket Chicken Sidomoyo, Godean, Sleman Yogyakarta
Email: [email protected]
Telp: 0818 277 981 (kemitraan)
TOP