Tidak dapat dipungkiri kepuasan pelanggan merupakan hal terpenting bagi seorang pelaku bisnis. Karena kepuasan pelanggan berperan penting untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Kepuasan pelanggan berperan penting bagi bisnis untuk keberlangsungan bisnis, akan semakin berkembang ataukah berhenti di tengah jalan. Jika konsumen mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa yang Anda pasarkan terutama bisnis kuliner milik Anda, maka kemungkinan besar konsumen akan terus datang lebih sering lagi. Sebaliknya, jika konsumen merasa tidak puas dengan produk makanan yang Anda pasarkan tersebut, maka konsumen tidak akan kembali untuk membeli produk kuliner Anda.
Untuk mempertahankan pelanggan, bukanlah hal mudah dan memerlukan strategi tertentu agar mereka tetap datang lagi dan lagi. Berikut ini adalah strategi yang dapat Anda terapkan dalam mengelola pelanggan pada bisnis kuliner dengan baik dan benar:
1. Meminta Pendapat Pelanggan
Setelah pelanggan atau konsumen Anda selesai makan, Anda dapat bertanya apa yang pelanggan mau dan disukai dari varian kuliner pada gerai atau outlet kuliner milik Anda. Kegiatan seperti ini merupakan survei kecil-kecilan. Dan dari survei inilah Anda akan mendapat wawasan atau masukan hingga saran dari pelanggan. Lalu Anda dapat membuat promo dari hal yang disukai oleh pelanggan. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menangani segala keluhan dengan mencari solusinya serta mempertimbangkan saran yang telah diberikan oleh pelanggan.
2. Evaluasi Pelanggan Terbaik Dan Memberikan Reward
Dengan bertanya pada karyawan mengenai siapa pelanggan setia atau pelanggan yang loyal dan sering datang untuk membeli makanan di outlet milik Anda. Kemudian memilih atau menghubungi pelanggan tersebut dengan memberikan hadiah menarik seperti merchandise menarik atau diskon khusus untuk pelanggan Anda tersebut. Dengan adanya reward ini maka pelanggan akan merasa senang dan merasa diperhatikan. Maka pelanggan tidak akan ragu untuk selalu kembali lagi.
3. Stimulasi Pelanggan Dengan Hal Baru
Dengan membuatkan reservasi online melalui sosial media atau website adalah strategi lain yang dapat Anda terapkan. Hal ini sangat membantu pelanggan untuk mendapatkan nomor meja makan, sehingga ketika dia datang ke lokasi dia tidak perlu ikut antri dan meja makan sudah disediakan. Pelanggan tidak perlu direpotkan dengan antrian yang panjang.
4. Membuat Inovasi Varian Menu Baru
Membuat varian menu baru yang sedang kekinian atau sedang tren merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan agar pelanggan tidak merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Sebelum mulai dipasarkan, tanyakan pendapat terlebih dahulu pada pelanggan Anda dengan memberikan contoh varian menu baru tersebut secara gratis sebelum atau setelah mereka makan. Kemudian cari waktu yang tepat kapan menu tersebut mulai dipasarkan.
Demikian strategi yang dapat Anda terapkan dalam mengelola pelanggan pada bisnis kuliner, bagi Anda yang telah mempunyai atau berniat untuk membuka outlet Rocket Chicken. Anda dapat menerapkannya pada usaha milik Anda tersebut. Rocket Chicken selalu ingin memuaskan para pelanggan setianya seperti dengan membuat beberapa varian menu baru yang akan segera di pasarkan.
Informasi lebih lanjut, hubungi:
www.rocketchicken.co.id
Apps Android/iOS: Rocket Chicken
Rocket Chicken Sidomoyo, Godean, Sleman Yogyakarta
Email: [email protected]
Telp: 0818 277 981 (kemitraan)
TOP